Lembaga Informasi dan Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Lembaga Informasi dan Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Lagi, Dua Mahasiswa UMM Sabet Gelar di Eagle Awards MetroTV 2011

Author : Administrator | Sabtu, 29 Oktober 2011 14:40 WIB
Azhari dan Jamaluddin Phonna sineas muda asal Aceh yang kuliah di UMM

Dua mahasiwa UMM, masing-masing Jamaluddin Phonna (mahasiswa Ilmu Komunikasi ankatan 2009) dan Azhari (mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2007), keduanya asal Aceh, berhasil memenangi salah satu kategori pada ajang kompetisi film Eagle Awards Metro TV 2011.  Pengumuman pemenang yang disiarkan Metro TV tadi malam (Jum’at, 28/10/2011) menyebutkan film berjudul “Garamku Tak Asin Lagi”, karya dua mahasiswa tersebut sebagai pemenang I Kategori Film Rekomendasi Juri dan berhak memperoleh paiala sekaligus hadiah sebuah kamera professional.

 Film documenter “Garamku Tak Asin Lagi” merupakan karya kreatif yang dilatarbelakangi kondisi riil masyarakat Aceh, dan bahkan secara umum di Indonesia. Mereka berdua sangat prihatin atas kondisi bangsa yang kaya raya dan subur makmur ini ternyata selalu mendatangkan bahan makanan dari luar negeri, termasuk GARAM.

“Bayangkan, negara Indonesia dengan garis pantai terpanjang keempat sedunia harus mengimpor garam dari luar negeri”, kata Azhari dan Jamaluddin. Lebih lanjut dinyatakan kalau kehancuran industri garam domestik dalam beberapa tahun terakhir ini bukan karena kualitas produksi yang rendah tapi lebih karena tidak ada kebijakan pemerintah yang berpihak pada industri garam lokal.

“Garamku Tak Asin Lagi” mengangkat tema perjuangan sekelompok perempuan Aceh yang mempertahankan produksi garam ala tradisional di tengah gencarnya impor garam dari luar negeri.  Kedua sineas muda itu ingin menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai potensi alam, khususnya garam, yang tidak kalah dari negara lain.

Hasilnya, dua mahasiswa UMM,  Jamaluddin Phonna, kelahiran Banda Aceh, 18 September 1991 dan Azhari, kelahiran Samalanga, 17 Agustus 1987, berhasil menjuarai salah satu kategori seperti disebut di atas.

Selamat.  Seluruh sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi tinggi kepada kedua sineas muda yang penuh bakat dan produktif ini.  Semoga akan lahir karya-karya susulan yang lebih bermakna demi pembangunan bumi Pertiwi tercinta. (ytn).


Link Video Behind The Scene "Garamku Tak Asin Lagi : http://www.youtube.com/watch?v=1qFZ8m0V2E8

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image