Lembaga Informasi dan Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Lembaga Informasi dan Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

UMM Kembali meraih Bintang 2 dari QS Star Top Universities

Author : Administrator | Rabu, 12 September 2012 13:43 WIB

Universitas Muhammadiyah Malang  (UMM) kembali memperoleh predikat Bintang Dua dari QS-Star edisi September 2012.  QS-Star  memberi  rating pada beberapa perguruan tinggi dunia.  Khusus perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh bintang antara lain:  ITB  dan 8 PTN lain dengan Bintang Dua (**).  Untuk PTS, hanya 10 universitas yang memperoleh Bintang Dua (**), yaitu: UMM , Univ. Gunadharma , Petra, Unpar, UII dan Binus.  Selebihnya hanya beberapa PTN/PTS memperoleh Bintang Satu (*) . Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk periode 2012 ini tidak ada universitas di Indonesia yang memperoleh Bintang 3 (***). Perolehan bintang dari masing-masing kriteria untuk UMM sebagaimana dirilis oleh QS-Star (http://www.topuniversities.com/qsstars/indonesia) adalah sebagai berikut :

 

Sistem Rating QS-Star

QS-Star merupakan suatu sistem evaluasi yang menilai universitas di seluruh dunia dengan menggunakan metode rating. Penilaian ini diselenggarakan oleh QS (Quacquarelli Symonds), yaitu suatu institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan studi luar negeri.   Misi QS adalah membuat orang termotivasi untuk memenuhi potensi mereka dengan mendorong pencapaian pendidikan, mobilitas internasional dan pengembangan karir.  Kantor utama QS berlokasi di London.

 

Penilaian difokuskan pada kinerja perguruan tinggi dengan hasil berupa rating, bukan ranking. Universitas diberi rating bintang satu sampai dengan bintang lima.  Bintang lima sebagai nilai tertinggi tergantung pada kinerja universitas dalam evaluasi. Universitas dievaluasi terhadap delapan kriteria: Kualitas Penelitian, Kualitas Pengajaran, Employability, Infrastruktur Pascasarjana, Internasionalisasi, Inovasi & Transfer Iptek, Third Mission dan Kriteria Subyek Spesialis. Masing-masing kriteria memiliki bobot indikator sendiri.



Apa Tujuan QS-Star ?

QS Stars rating system dirancang untuk merespon kebutuhan lembaga yang membutuhkan evaluasi dalam menilai semua kekuatan mereka, menggunakan indikator yang lebih komprehensif selain yang digunakan dalam peringkat lain. Universitas diberi kesempatan untuk menunjukkan kekuatan yang mungkin sering diabaikan dalam penilaian lain. QS Star adalah alat yang memberikan calon mahasiswa untuk membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan dalam memilih universitas. Ini memberikan siswa dengan wawasan yang lebih dalam, memungkinkan mereka untuk melihat dan mengidentifikasi keunggulan-keunggulan yang ada pada suatu universitas.



Pemberian Rating

1.      Rating Bintang Satu

 

QS Stars 1Star

Universitas dengan rating Bintang Satu menunjukkan bahwa suatu universitas telah membentuk semua komponen kunci yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada mahasiswa dan, dalam banyak kasus, telah mempunyai fondasi yang kuat untuk membangun reputasi domestik yang lebih baik. Sebuah universitas dengan Bintang Satu telah dibentuk dalam dua puluh tahun terakhir dan akan menempatkan di tempat kepemimpinan dan ambisi untuk berkembang dengan cepat.

 

2.      Bintang Dua

 

QS Stars 2Star

Universitas dengan predikat Bintang Dua merupakan universitas yang sudah aktif dalam melakukan penelitian dan memiliki reputasi yang baik di dalam negeri.   Universitas ini biasanya merupakan bagian penting dari masyarakat lokal dan telah mulai mempertimbangkan peluang internasional.

 

3.      Rating Bintang Tiga

 

QS Stars 3Star

Universitas dengan Bintang Tiga sudah termasuk baik secara nasional, dan mungkin juga telah mulai untuk menarik pengakuan internasional. Lembaga ini mempertahankan tingkat terkemuka penelitian dan lulusannya yang menarik bagi pengusaha

 

4.      Rating Bintang Empat

 

QS Stars 4Star

Universitas dengan Bintang Empat adalah universitas secara internasional telah diakui, menunjukkan keunggulan dalam penelitian dan pengajaran. Lembaga menyediakan lingkungan yang sangat baik untuk mahasiswa dan fakultas.

 

5.      Rating Bintang Lima

 

QS Stars 5Star

Universitas dengan Bintang Lima merupakan universitas yang umumnya telah memperoleh pengakuan kelas dunia di berbagai bidang, memiliki reputasi tinggi dan memiliki fasilitas “cutting edge” dan penelitian internasional dan pengajaran yang terkenal.

 

 

 

Kriteria dan Indikator Penilaian

QS-Star Rating System menggunakan delapan criteria dengan masing-masing indikatornya.  Ringkasan criteria dan indikator adalah sebagai berikut :
 

No.

Kriteria Penilaian

Indikator Yang Dinilai

1.

Kualitas Penelitian (Research Quality)

[a] Peer Review, [b] Citations per Paper, [c] Papers per Ffaculty, dan [d] Prolific Academic Expert

2.

Kualitas Pengajaran

[a] Overall Student Satisfaction, [b]  Student satisfaction with teaching [c] Further Study, [d] Student/faculty ratio

3.

Graduate Employability

[a] Recruiter Review, [b] Graduate Employability, [c] Careers Support Service

4.

Infrastuktur

[a]  Sporting Facilities, [b]  Medical Facilities, [c]  Student Societies, [d] Student Accommodation,  [e]  IT Infrastructure, [f]  Library Facilities

5.

Internasionalisasi

[a]  International Faculty, [b] Institution Research Collaborations, [c]  International Students, [d] International Student Support – religious facilities, [e]  Inbound Exchange Students, [f]  Outbound Exchange Students, [g] International Diversity

6.

Inovasi dan Transfer Iptek

[a]  Patents, [b] Spin-off  Companies, [c] Industrial Research

7.

Misi Ketiga

[a]  Community Investment & Development, [b] Scholarships  and Bursaries

8.

Specialist subject

[a] Broad Faculty Area Ranking, [b] Narrow Subject Area Ranking, [c] Internationally recognized accreditations

  

Metode Pengumpulan Data

 

Pengambilan data oleh QS menggunakan instrumen yang disebut QS-Stars Critical Data Input Form yang harus diisi oleh perguruan tinggi yang akan dinilai. Namun ada beberapa indikator yang tidak diisi oleh PT yang bersangkutan, atau menggunakan mekanisme atau pengumpulan data oleh pihak QS atau pihak ketiga. Indikator tersebut adalah Peer Review dan Specialist-Subject. PT hanya diminta usulan nama Peer Reviewer yang bersedia mengisi Online Peer Reviewer yang disediakan oleh pihak QS. Indikator Citations per Paper dan Citation per Faculty dicari oleh pihak QS sendiri pada database publikasi yang diindeks oleh Scopus. PT hanya diminta semua kemungkinan variasi nama institusi (nama perguruan tinggi) yang digunakan atau dicantumkan oleh dosen pada paper yang dipublikasikan.

Indikator Overall Student Satisfaction dan Student Satisfaction with Teaching diisi oleh mahasiswa yang dijadikan sampel. Pengisian indikator tersebut menggunakan kuisener online yang telah disediakan oleh pihak QS. Pengisian kuisener online juga dilakukan untuk indikator Recruiter Review yang daftar usulan Recruiter yang akan mengisi kusienernya juga diminta kepada PT yang bersangkutan. Sejumlah indikator perlu dilengkapi dengan informasi tambahan atau lampiran, misalnya foto fasilitas, daftar dosen mahasiswa atau dosen beserta email dan nomor HP. Pihak QS melakukan validasi atau konfirmasi data yang disi oleh setiap perguruan tinggi. Proses tersebut dapat dilakukan beberapa kali sampai pihak QS dapat mulai melakukan proses perhitungan rating. Hasil rating per indikator dan rating akhir untuk PT dikirim ke PT yang bersangkutan, termasuk analisis kekuatan atau kelemahan untuk setiap indikatornya.


Scoring dan Perhitungan Rating

 

 

QS menetapkan skor untuk setiap indikator berdasarkan nilai indikator tersebut. Total skor untuk seluruh indikator adalah 1000, dengan distribusi skor untuk maisng-masing kriteria dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

 

QS Stars Criteria

 Penetapan “bintang” ditentukan berdasarkan nilai atau skor akhir dari seluruh indikator. Passing grade untuk “Bintang Satu” sampai “Bintang Lima” berturut-turut adalah 100, 250, 400, 550, dan 700.

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image