UMM Launching Desain Website Baru

























Pada hari ini, Kamis 14 Oktober 2010, tepat jam 15:48 WIB, Tim Pengembang Website Universitas Muhammadiyah Malang di bawah kendali Lembaga Infokom UMM meluncurkan desain website UMM yang baru.  Website resmi UMM dengan situs http://www.umm.ac.id ini mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan.

Perubahan pertama terletak pada halaman muka website, yaitu dengan merubah layout menu, images, warna, dan beberapa tambahan baru (Kutipan Al-Qur'an).  Dari sisi konten juga mengalami banyak tambahan untuk menambah nilai size pada webometrics.

Selain itu juga ditambah beberapa sub domain baru, yaitu Muhammadiyah Data Center (http://mdc.umm.ac.id) yang berisi tentang data Muhammadiyah terkait dengan data organisasi mulai Pimpinan Pusat hingga Ranting, Organisasi Otonom, dan lain-lain.  Sub domain lain yang sekarang sedang dikembangkan adalah Terjemahan Al-Qur'an pada alamat http://quran.umm.ac.id.  Sub domain ini berisi terjemahan surat-surat yang ada dalam Al-Qur'an dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Sub domain baru yang diharapkan sebagai sarana expose UMM adalah UMM Video (http:video.umm.ac.id).  Sub domain ini berisi multimedia, yaitu video-video tentang berbagai aktivitas di UMM.

Website UMM juga sedang dikembangkan untuk menampilkan 3 bahasa, yaitu: Indonesia, Inggris dan Arab.  Saat ini, website bahasa Arab masih belum publish dan masih dalkam penyelesaian.  Semoga dengan tampil dalam 3 bahasa ini lebih meningkatkan visitor dari seluruh dunia.  Konten-konten sedang kami usahakan diterjemahkan, sehingga konten-konten ilmiah (jurnal, laporan hasil penelitian, dll.) dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

Secara keseluruhan website UMM didesain secara dinamis untuk memudahkan maintenance (semua unit kerja dapat merawat langsung), mudah mengembangkan serta disesuaikan dengan standart webometrics.  Perlu diketahui bahwa website UMM pada bulan Juli 2010 mampu meningkatkan peringkat webometrics perguruan tinggi, yaitu menjadi posisi 17 di Indonesia dan 2310 untuk dunia. Diharapkan dengan desain baru ini, pada webometrics bulan Januari 2011, ranking website UMM dapat meningkat lagi.

Selamat pada seluruh web programmer, graphic designer, translator, uploader serta tim jaringan di Lembaga Infokom UMM yang sudah bekerja keras mengembangkan website ini.