Sejarah

Sejarah Lembaga Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) Universitas Muhammadiyah Malang   Lembaga Informasi dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (Infokom) resmi berdiri pada tanggal  30 Desember 2008.  Lembaga ini dibentuk guna me...

Detail
about

Sejarah

Sejarah Lembaga Informasi dan Komunikasi (INFOKOM)
Universitas Muhammadiyah Malang



 


Lembaga Informasi dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (Infokom) resmi berdiri pada tanggal  30 Desember 2008.  Lembaga ini dibentuk guna menyatukan urusan Tekonologi Informasi dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang semula terpisah antara UPT Pusat Komputer, UPT Internet dan UPT Teknologi Pengembangan Pembelajaran.

UMM sudah membentuk UPT Komputer sejak tahun 1983 yang saat itu bernama Pusat Komputer (Puskom).  Kemudian membentuk UPT Internet tahun 1996 yang kemudian berubah nama menjadi UPI (Unit Produksi Internet) dan menjadi Unit Pelayanan Internet.  Selain itu UMM juga mendirikan UPT Teknologi Pengembangan Pembelajaran (TPP).  Melalui tiga UPT inilah operasionalisasi TIK di UMM dikendalikan.

Pada perkembangan selanjutnya, sesuai dengan tuntutan pekerjaan dan database yang kian banyak, maka UMM mendirikan Lembaga Informasi Dan Komunikasi dengan menyatukan ketiga UPT tersebut.  Lembaga Infokom dalam hal ini didirikan guna lebih menjamin lancarnya arus data dan informasi, sehingga meningkatkan kinerja dan meningkatkan akses informasi, baik bagi dosen, mahasiswa dan karyawan.

Pada awal didirikan, Lembaga Infokom sempat menempati bangunan di UPT Internet, yaitu di sebelah selatan Perpustakaan Pusat.  Setelah itu, seluruh perangkat jaringan (NOC) dipindah ke tempat baru, yaitu di gedung bekas Fak. Peternakan.  Bangunan lantai II ditempati kantor pusat Lembaga Infokom, Divisi Jaringan dan Sistem Informasi serta Divisi Perawatan dan Pengadaan Hardware.  Sedangkan lantai III digunakan Divisi Pelatihan dan laboratorium komputer.  Adapun Divisi Usaha menempati lantai I, tepatnya di Warnet UMM.



 


Shared: