Divisi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

Divisi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer merupakan salah satu divisi pada Biro Informasi dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Tugas utama dari divisi ini adalah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pendidikan dan pelatihan teknologi informasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang.

Adapun secara khusus, divisi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer memiliki tugas dan fungsi sebagai:

  1. Menyusun rencana pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang.
  2. Mengembangkan konten-konten pembelajaran dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan TIK bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak luar yang membutuhkan.
  3. Melakukan praktikum komputer bagi mahasiswa, dosen dan karyawan UMM.
  4. Merencanakan, mengembangkan dan mengendalikan e-learning bekerjasama dengan divisi-divisi yang ada di Infokom serta unit-unit lain yang terkait.
  5. Merencanakan, mengembangkan dan mengevaluasi sistem ujian dan sertifikasi keahlian dmi bidang teknologi informasi
  6. Melakukan penelitian dan pengembangan berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan teknologi informasi di Universitas Muhammadiyah Malang.

Program Kerja Divisi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

TRAINING

No

Kegiatan

Waktu  Tempat

Pelaksana

Realisasi

Anggaran

1.

Internet and Computing Core Application Training (IC-CAT)

UMM

INFOKOM

Setiap tahun ajaran baru

2.

Praktikum Reguler sesuai kebutuhan prodi

UMM

INFOKOM

Setiap semester

3.

Pelatihan Dosen dan Karyawan

(a) LMS

UMM

INFOKOM

Semester Ganjil 2021/2022

4.

Pelatihan untuk Masyarakat Umum

UMM

INFOKOM

Proses inisiasi

 

TESTING

No

Kegiatan

Waktu  Tempat

Pelaksana

Realisasi

Anggaran

1.

Uji Kompetensi dan Sertifikasi TIK UMM

UMM

INFOKOM

Proses inisiasi

2.

Uji kompetensi dasar TIK sesuai kebutuhan masyarakat umum

UMM

INFOKOM

Proses inisiasi

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

No

Kegiatan

Waktu  Tempat

Pelaksana

Realisasi

Anggaran

1.

Pengelolaan dan pengembangan platform Moodle Open Source

UMM

INFOKOM

Semester Ganjil 2021-2022

2.

Pengelolaan dan pengembangan platform Moodle Open Source terintegrasi dengan SPADA Kemdikbud

UMM

INFOKOM

Semester Ganjil 2021-2022

3.

Pelaksanaan dan Evaluasi LMS

UMM

INFOKOM

Semester Ganjil 2021-2022

4.

Perencanaan dan pengembangan konten LMS

UMM

INFOKOM

Semester Ganjil 2021-2022

5.

Pengembangan Helpdesk LMS UMM

UMM

INFOKOM

Semester Genap 2021-2022

Research and Development

No

Kegiatan

Waktu  Tempat

Pelaksana

Realisasi

Anggaran

1.

Proctoring Ujian Online

UMM

INFOKOM

Semester Genap 2021-2022

2.

Perencanaan pengembangan sertifikat elektronik

UMM

INFOKOM

Semester Genap 2021-2022

3.

Perencanaan pengembangan private label rights (PLR) di bidang teknologi informasi

UMM

INFOKOM

Semester Genap 2021-2022

SKEMA KEGIATAN DIVISI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER

Skema Kegiatan Utama Divisi Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Informasi

Skema Kegiatan Pelatihan

Skema Kegiatan Uji Kompetensi

Skema Kegiatan Learning Management System

Skema Kegiatan Sertifikasi

Skema Kegiatan Research & Development